Sabtu, 10 Desember 2016

Mengenal Alat dan Bahan untuk Melukis

Mungkin semua orang sudah tak asing lagi dengan istilah lukisan. Baik lukisan yang dibuat dalam kanvas, kertas, kaca dan banyak lagi media yang digunakan untuk melukis. Bentuk atau aliran lukisan pun beragam jenis,sesuai dengan karakter pelukis itu sendiri. Dan mungkin sebagian orang banyak yang tidak mengetahui Alat lukis dan bahan yang digunakan pada umumnya. Dan untuk artikel yang akan bahas kali ini tentang Mengenal Alat dan Bahan untuk Melukis.  Dan untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak tentang penjelasan sebagai berikut : 

1. Kuas 
Kuas yang kita pakai sangat berpengaruh terhadap hasil lukisan kita. Kuas sendiri ada banyak macamnya, mulai dari bulu yang kecil meruncing hingga yang bulu lebar lurus dan lebar miring. Semua itu memiliki fungsi yang berbeda. Kuas yang bagus kwalitasnya biasanya bulunya berwarna cream.





2. Palet

Palet adalah tempat untuk mencampur cat atau tempat untuk menyiapkan cat sebelum diaplikasikan ke kanvas. Palet yang bagus adalah palet yang bersifat licin karena minyak tak dapat meresap kedalamnya.






3. Alat pembersih kuas
Pembersih kuas digunakan untuk membersihkan kuas dari sisa cat agar bisa digunakan kembali pada warna lain tanpa tercampur, antara lain yaitu berupa cairan minyak seperti tinner, solar, dan minyak tanah. Namun jangan menggunakan bensin, karena bahaya juga cenderung merusak kuas. Kain lap untuk mengeringkan kuas setelah dibersihkan dengan cairan pembersihnya.


4. Pisau palet
Pisau palet sebernanya berfungsi untuk mengaduk cat minyak di atas palet agar didapat komposisi warna yang rata, mengkilat dan maksimal. Namun banyak dari maestro lukis menggunakannya sebagai alat lukis seperti halnya kuas dan untuk meratakan tekstur cat pada kanvas.







 5. Easel
Easel adalah papan untuk menjepit kanvas. Papan ini memiliki kaki dan berdiri agak miring serta dapat di stel naik turun. Sebenarnya papan ini tidak terlalu penting, asalkan kanvas bisa berdiri tegak, dan bisa dilukis tanpa bergerak.






Bahan - bahan untuk melukis

Cat/Tinta 
Cat/ tinta adalah cairan yang dibuat khusus untuk melukis, membuat kaligrafi, dan membuat karya tulis. Sebenarnya hanya bahan lain cat yang bisa digunakan untuk melukis, bahkan bahan alami sekalipun. 
Contohnya : getah daun jati menghasilkan warna merah jika digoreskan ke media kertas atau kain, dengan eksperimen tertentu oleh pelukis, daun tersebut dapat dijadikan sebagai pengganti cat.
Cat sendiri banyak macamnya, berikut ulasan singkat tentang macam - macam cat.

1. Cat minyak
Cat minyak adalah cat yang dicampur dengan minyak sebagai pengikat pigmen warna.
Cat minyak memiliki sifat pigmen yang cemerlang. Cat minyak menduduki skala gradasi paling besar dari cat lain karena cat ini mampu mendekati gradiasi warna nyata. Ketahanannya cat minyak lama.

2. Cat air/aquarel
Cat air/aquarel Aani bersifat transaparan dan cenderung. Cat ini tidak berlalu menyengat seperti cat minyak. Namun karena cat ini pelarutnya menggunakan air maka mudah sekali luntur jika terkena air.

3.Cat poster
Cat poster adalah cat yang berbahan dasar air juga. Dalam penggunaannya bisa dilarutkan dengan air terlebih dahulu atau bisa juga tanpa pelarut air. Media untuk melukis dengan cat ini adalah kertas. Cat ini memiliki pigmen warna yang lebih pekat dari cat air dan bersifat melapisi dengan penggunaan yang kental.

4. Cat akrilik (acrylic)
Cat yang berbentuk serbuk atau pasta. Cat akrilik terbuat dari campuran bahan sintetis seperti resin dan polivinyl actate yang cepat kering. Bahan ini umumnya bersifat lembut dan kaku. Cat ini cepat kering meskipun dicampur dengan air/gel, tahan air, dan bersifat mudah menutup. Media lukis untuk cat ini adalah dinding ( tembok batu), kayu, kain,stryfoam, kanvas, ataupun kertas gambar.

5. Cat tekstil 
Cat tekstil adalah cat yang juga berbahan dasar air. Cat ini bisa digunakan untuk melukis di atas media kain, baju, sepatu, ataupun tas yang kemudian harus distrika setelah kering.
 
6. Cat bak/ tinta cina
Tinta cina bisa digunakan untuk membuat karya tulis atau kaligrafi. Pada umumnya tinta cina dibagi menjadi 2 bentuk yaitu padat dan cair. Tinta padat harus diencerkan dengan air terlebih dahulu sebelum digunakan.



Setelah kita mengenal bahan untuk mewarnai, kita juga harus mengenal media bahan untuk melukis. Pada umumnya media untuk melukis berbentuk datar 2 dimensi, kertas dan kanvas adalah 2 media yang paling sering digunakan.

Berikut penjelasannya diantaranya:
1. Kertas Kertas adalah media lukis yang mempunyai daya resap yang tinggi. Tak berpori - pori. Kertas sangat cocok untuk dilukis dengan cat air, pensil dan pastel. Perlu perhatian lebih saat melukis dengan kertas dan cat air, untuk mendapatkan warna yang cerah biasanya cat air dilarutkan tak terlalu kental.




 

2. Kanvas
Kanvas adalah media lukis yang memiliki pori - pori yang telah ditutup cat dasar berwarna dasar putih. Media ini lebih sering digunakan untuk melukis dengan cat minyak karena cat minyak butuh ketebalan dalam pewarnaan dan kadang butuh metode palet yang membutuhkan teknik kontruksi pada bidang lukisnya. Palet pada umumnya sudah memiliki frame yang berbentuk persegi dan ada pula yang masih berbentuk gulungan tanpa frame.




Demikian artikel tentang Mengenal Alat dan Bahan untuk Melukis. semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Terima Kasih.



.


 


1 komentar:

  1. Lucky Club Casino Site | Get your Bonus | LuckyClub.live
    Lucky Club is an online gambling and bingo site that offers a large selection of games from the world's luckyclub.live most popular providers. Lucky Club is a

    BalasHapus