Sabtu, 17 Desember 2016

Membuat Es Cendol Tepung Beras Kenyal



Kata Cendol mungkin sudah tak asing lagi di telinga ! ......Minuman manis berisi bulatan lembut ini juga dikenal dengan nama dawet. Pada saat terik matahari, es cendol gula merah ini memang begitu sangat menyegarkan di tenggorokan.


Cendol itu sendiri merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair  dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dan masyarakat Indonesia bahwa istilah " cendol" mungkin berasal dari kata " jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia, hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala kita meminumnya.


Dimana cara proses pembuatannya dari tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya.

Minuman ini biasa disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan di siang hari. Untuk mendapatkannya juga tidak sulit karena es cendol ini dijual di berbagai tempat dari mulai penjual es pinggir jalan atau cafe ternama sekalipun. Memang anda bisa menikmatinya dengan gampang ( membeli) namun anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Dan pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan resep dan proses pembuatan es cendol tepung beras kenyal. Maka untuk lebih jelas lagi, mari kita simak penjelasan sebagai berikut :



Bahan - bahan

  • 150 grm tepung beras
  • 70 grm tepung sagu
  • 85 ml air daun suji
  • 3 sndk mkn air kapur sirih
  • 500 ml air bersih
  • Air es secukupnya
  • Es batu secukupnya




Bahan pelengkap
  • 220 grm gula merah( disisir)
  • 150 ml air
  • 600 ml santan rebus
  • 8 mata nangka ( iris kecil - kecil)
  • Bisa diganti dengan 1 cangkir cingcau ( dipotong kecil - kecil)


Langkah - langkah
  1. Aduk tepung beras dan tepung sagu dengan setengah bagian air.
  2. Rebus air sisanya dengan air kapur sirih, air dan suji, dan garam. Rebu sampai mendidih.
  3. Kemudian tuangkan larutan tepung, aduk sampai mengental.Angkat
  4. Persiapkan ayakan cendol, taruh diatas baskom yang sudah diisi dengan air es.
  5. Tuangkan adonan panas kedalam cetakan, kemudian tekan - tekan sampai membentuk butiran - butiran memanjang. Tiriskan.

Penyajian 
  1. Rebus gula bersama dengan air hingga larut.
  2. Angkat, kemudian saring dan dinginkan.
  3. Masukan sirup gula kedalam gelas saji, masukan cendol, buah nangka dan santan.
  4. Agar cendol lebih nikmat, tambah es batu sesuai selera. Es cendol siap disajikan.



Penyajian : Rebus gula bersama dengan air hingga larut. Angkat, kemudian saring dan dinginkan. Masukkan sirup gula kedalam gelas saji, masukkan cendol, buah nangka, dan santan. Supoaya cendol lebih nikmat, tambahkan es batu. Sajikan.

Read more at resepcaramemasak.org: Membuat Cendol dari Tepung Beras Kenyal

·    Gampang bukan ? Demikian penjelasan tentang resep dan Membuat Es Cendol Tepung Beras Kenyal. semoga setelah membaca artikel ini, anda bisa mencobanya di rumah. Selamat moncoba. Terima kasih. 





Penyajian : Rebus gula bersama dengan air hingga larut. Angkat, kemudian saring dan dinginkan. Masukkan sirup gula kedalam gelas saji, masukkan cendol, buah nangka, dan santan. Supoaya cendol lebih nikmat, tambahkan es batu. Sajikan.

Read more at resepcaramemasak.org: Membuat Cendol dari Tepung Beras Kenyal














Tidak ada komentar:

Posting Komentar