Sabtu, 10 Desember 2016

Membuat Kanvas Lukis Sendiri

Untuk sebagian orang yang suka karya seni rupa, mungkin melukis adalah suatu kegiatan yang menyenangkan, apalagi bagi mereka yang punya hobi melukis. Namun apabila sudah dihadapakan dengan alat dan bahan yang harganya relatif mahal, kita agak enggan juga. Namun kendala yang seperti itu bisa dicari jalan keluarnya (solusi) yaitu dengan cara membuat kanvas lukis sendiri  yang tentunya dengan mutu yang gak kalah kwalitasnya dengan yang dijual dipasaran.  
Dan bagi anda yang ingin membuat kanvas sendiri agar hobi melukis anda tidak terkendala dengan kanvas yang harganya realtif mahal, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan tentang cara membuat kanvas lukis sendiri. Dan untuk penjelasan lebih lanjut, mari kita simak penjelasan sebagai berikut :


Bahan - bahan

  1. Kain blacu atau kain prisma (kain batik) atau kain kiloan yang serupa jenis kain marsoto, kain yang berbahan katun.
  2. Spatram yaitu rangka kanvas atau pembentang kain
















 


   3. Lem putih yang mengandung PVAC ( Poly Vinil Acetat) atau lem kayu.




















 



      4. Kalsium atau semen mil
      5. Kuas
      6. Air secukupnya



Langkah - langkah
Kain blace/ lainnya dibentangkan pada spatram kemudian disteples/dipaku sampai kencang, baru kita membuat bahan laburan untuk menutupi pori - pori kain yaitu ada  2 cara 

  • Lem putih diberi air panas lalu campurkan dengan kalsium atau semen mil, kemudian dikocok hingga larut dan diusahakan agar encer karena kalau kental nanti kanvasnya pada retak. Setelah jadi, laburi kain tersebut dengan kuas sebanyak 3 tahap pengeringan artinya ketika melabur kain tersebut sudah kering lalu laburi kembali kainnya sampai 3 kali laburan. Setelah kering kain kanvas siap untuk dilukis.
  • Cat tembok dicampur dengan lem putih dengan perbandingan 1 (cat genting : 2 (lem putih) setelah itu diberi air (bukan air panas)  secukupnya diusahakan tetap encer lalu laburi kain yang sudah panteng dengan kuas hingga rata sebanyak tahap pengeringan 3 kali. Setalah itu kanvas siap untuk dilukis.
  • Meskipun kain murah tapi pengolahan laburannya ingin berkualitas tinggi, bisa dengan bahan :
  1. Aquaproof
  2. Binner (bahan sablon)
  3. Latex
  4. cat genting
  5. Zinkwhite  ditambah PVAc
Gunakan salah satu atau gabungan semua bahan tersebut lalu laburi kanvas dengan kuas hingga merata. Tunggu hingga kering dan kanvas siap untuk dipakai.
Demikian artikel tentang membahas tata cara membuat kanvas lukis sendiri.  Semoga anda setelah membaca artikel ini bisa langsung membuatnya dirumah. Dan anda tidak terkendala lagi dengan kanvas tersebut.  Terima kasih.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar